Cara Mengukur Jarak Standar Kuda Kuda Baja Ringan

Kuda kuda merupakan salah satu elemen terpenting dari struktur atap rumah baik menggunakan kayu, bambu, reng, kaso ataupun baja ringan. Fungsi utamanya ialah untuk menopang beban berat rangka pada bagian atas seperti penutup atap dan beban curah angin/hujan.

Penggunaan istilah dan harga kuda kuda sangat akrab bagi keseharian dunia tukang bangunan yang rata rata sudah menguasai cara mengukur jarak standar dan pemasangannya. Tidak hanya dalam dunia bangunan, istilah kuda kuda juga cukup terkenal dalam dunia persilatan sebagai dasar pertahanan yang cukup tangguh dan kokoh bagi pesilat. Berikut adalah beberapa fungsi utama pada kuda kuda atau truss

gambar kuda kuda baja ringan


  • Iga iga atau kuda penopang sebagai penyalur gaya tekan
  • Ander atau tiang tengah berguna sebagai pendukung balok bubungan atau molo
  • Sebagai penahan gaya tarik kuda kuda pada balok dasar


Setelah memahami ketiga fungsi diatas kini saatnya belajar cara pemasangan dan mengukur sesuai dengan standarisasi ilmu bangunan yang benar. Adapun teknis yang akan dibahas kali ini lebih difokuskan pada pemasangan rangka atap baja ringan, berikut adalah beberapa saran yang harus diperhatikan sebelum pemasangan kuda kuda. 
  1. Truss (kuda kuda) harus dilengkapi angkur pada kedua tumpuannya terpasang dengan kuat serta stabil
  2. Kuda kuda mengarah pada ringbalk dalam posisi tegak lurus
  3. Pemasangan nok dan apex diatas harus sama rata
  4. Hindari Deformasi atau perubahan bentuk akibat kesalahan teknis pekerjaan
  5. Cek lapisan pelindung baja tidak boleh ada yang rusak
  6. Sisi miring atap harus rata tidak boleh bergelombang


7 Langkah Proses Pemasangan Kuda Kuda

  1. Perataan ring balok harus seimbang
  2. Perakitan web
  3. Pemasangan web pada ring balok (peletakan siku dan pemasangan dynabolt)
  4. Pemasangan web diikuti dengan reng
  5. Pemasangan genteng dipasang dengan cara ditumpuk dari kiri ke kanan, posisi genteng kanan diatas genteng kiri 
  6. Pemotongan genteng dilakukan diatas
  7. Pemasangan talang, nok dan lisplank




Cara Tepat Menghitung Jarak Kuda Kuda

Bagaimana cara mengukur jarak baja ringan yang proporsional dan tepat sasaran? kebanyakan orang beranggapan semakin rapat jarak kuda kuda maka akan semakin aman dan stabil, anggapan seperti ini memang benar namun kurang tepat dan tidak proporsional karena akan menghabiskan biaya lebih besar atau boros.

CV Bunder Jaya tidak seperti ini dalam merencanakan proyeksi pembangunan tidak hanya mampu merencanakan dengan perkiraan asal asalan. Perencanaan yang tepat selalu menghasilkan konstruksi aman dan hemat biaya. Jarak standard kuda kuda tidak bisa dipastikan namun harus menyesuaikan dengan ukuran rumah, ketebalan baja ringan serta jenis genteng yang akan digunakan tetapi standard umumnya untuk ukuran rumah kecil ialah 1,2-1,5 meter bisa juga 2-3 meter jika menggunakan gording sebagai atapnya.

Salah satu kelebihan dari aplikasi rangka atap baja ialah meski jarak yang digunakan terlalu rapat tetapi bebannya sendiri cukup ringan. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini telah ditemukan suatu aplikasi ataupun software yang secara khusus bisa membantu keperluan dalam menghitung kebutuhan baja ringan seperti geometri struktur, kombinasi beban dan lain sebagainya, selengkapnya bisa anda akses pada halaman software konstruksi rangka atap baja ringan gratis.

Berikut adalah beberapa cara mengatur jarak secara proporsional untuk pemasangan kuda kuda dan atap rumah lainnya.
  • Pengaturan dimensi reng atau istilah batten jaraknya tidak boleh terlalu rapat atau renggang karena akan berpengaruh pada kuda kuda semakin besar dimensinya maka akan memperbesar jarak kuda kuda. Secara mendasar reng berguna untuk menahan beban tumpuan reng itu sendiri,penutup atap, beban angin serta beban pekerja saat proses pembangunan berjalan. Adapun perhitungan beban sejatinya ialah 1,6 beban hidup dan 1,2 untuk beban mati. Adapun jarak lendutan berkisar antara 1/300 L = jarak interval kuda kuda tempat reng bertumpu
  • Jarak tumpuan kuda kuda adalah 25 m
Demikian beberapa saran dan cara mengukur jarak atap dan kuda kuda tidak ada ketetapan khusus melainkan harus mempertimbangkan dulu beberapa fakrot seperti lahan area, luas bangunan serta aplikasi penutup atap yang akan digunakan

gambar jarak kuda kuda baja ringan 2016 dan cara menghitungnya